Artikel dari para Komandan Skadron

Menjadi Komandan Skadron




J

abatan Komandan Skadron merupakan jabatan yang paling rendah dalam struktur organisasi Komando Utama Operasi TNI-AU.

“Ketika saya masih status sebagai “kroco” di Skadron Udara, saya pernah kurang sesuai hati atas penunjukan seorang Perwira Menengah untuk menjadi pimpinan di Skadron dimana saya bertugas saat itu. Pasalnya, karena menurut kacamata saya, terbangnya tidak bagus-bagus betul, terutama “landing”nya tidak pernah mulus. (Ketika itu menurut kacamata saya orang yang terbangnya bagus, diukur dari halusnya sebuah pendaratan). Secara guyon saya sampaikan kepada teman-teman, sebaiknya dalam memilih seorang Komandan Skadron dilaksanakan dengan cara “voting” dari seluruh awak pesawat di Skadron bersengkutan .

Akan tetapi setelah beberapa bulan memimpin Skadron, “peilaian” saya berubah seratus delapan puluh derajat, setelah beliau memperkenalkan istilah “Standard Requirement”, persyaratan atau suatu tolok ukur yang harus dicapai oleh setiap awak pesawat. Dalam artian, apabila tidak tercapai berarti gagal. Beliau selalu bertindak adil, dan kemampuan setiap anak buahnya dinilai secara obyektif, yang pada akhirnya memudahkan beliau dalam proses kaderisasi. Akhirnya saya mengagumi beliau, meskipun masalah “landing”nya tetap tidak pernah bisa mulus.

Apalagi setelah saya sendiri mengalami sebagai Komandan Skadron Udara, dalam beberapa hal saya banyak bercermin dari kepemimpinan beliau, bahkan saya jadikan sebagai “role model” saya. Saya berkesimpulan bahwa untuk menjadi seorang Komandan Skadron harus memiliki “basic leadership” yang lengkap, selain terbangnya sendiri setidaknya memenuhi “Standard Requirement”. .

by Herky 01